Jumat, 07 Oktober 2011

Gatotkaca dan Pandawa Lima Action Figure

blog_11245143816,1812.jpg 

Kamu para penggemar action figure, saatnya untuk mengapresiasi actionfigure produk lokal yang mengadaptasi tokoh-tokoh keluarga Pandawa dari cerita Mahabharata. Awal bulan Juni lalu di Surabaya Toy Festival 2009, Gatotkaca dan Pandawa Lima muncul sebagai tokoh lokal Indonesia (khususnya jawa) yang mampu mencuri perhatian dari sekian banyak mainan (toy) yang dipamerkan.

Action figure Pandawa ini merupakan karya dari komunitas Ingus Terbang, komunitas mainan asal Jakarta, yang dipelopori oleh Reza (Leorezca Agung). Mainan yang pada awalnya merupakan tugas akhir Reza di Jurusan Desain Grafis Universitas Tarumanegara, Jakarta ini dibuat dengan penelitian yang mendalam. Mulai dari bentuk tubuh, ekspresi, kostum yang digunakan pada actionfigure tersebut hingga sejarah cerita Mahabharata ini juga didalami.

Meskipun memang cerita Mahabharata itu diadaptasi dari negeri India, namun cerita perwayangan Mahabharata itu sudah melekat dalam kebudayaan Jawa selama beberapa ratus tahun. Dan tidak ada salahnya kita mengapresiasi budaya milik kita yang satu ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar